Selasa, 20 Mei 2014

MESTI BILANG WAW UNTUK KEBUN TEH DI WISATA AGRO WONOSARI MALANG

Liburan kali ini saya dan keluarga jalan-jalan ke kota Malang, untuk memperkenalkan anak-anak kebun teh beserta pabrik pengolahannya. Kebun teh yang kami kunjungi yaitu Wisata Agro Wonosari (WAW) Malang. Karena tujuan kami cukup jauh, saya dan keluarga harus berangkat pagi-pagi sekali supaya bisa menikmati keindahan kebun teh wonosari dengan puas.

Kami sekeluarga berangkat naik kereta api penataran, berangkat dari stasiun Blitar pukul 04.10 WIB dan sampai di stasiun Lawang pada pukul 07.15 WIB dengan biaya Rp. 5.500,- per orang. Sampai di sana kami naik angkutan umum SLKW warna biru yang melintas tepat di depan stasiun Lawang arah ke kiri, langsung menuju kebun teh Wonosari dengan biaya Rp. 5.000,- per orang. Sekitar 30 menit perjalanan dengan angkutan SLKW, sudah sampai di lokasi wisata tanpa biaya karcis masuk lokasi wisata.

Tujuan pertama kami adalah menuju kolam renang, sebab anak-anak tadi pagi belum sempat mandi karena berangkat terlalu pagi. Harga tiket masuk kolam renang cukup mahal yaitu Rp. 12.000,- per orang. Ada kolam untuk dewasa, ada juga kolam yang khusus untuk anak-anak. Di sana juga disediakan persewaan baju renang dengan biaya @Rp. 5000,- dan pelampung dengan biaya @Rp. 5000,- bagi yang tidak membawa sendiri dari rumah. Sambil menunggu anak-anak renang saya dan istri membuka bekal untuk sarapan pagi bersama keluarga. Air di kolam renang sangat dingin, sehingga anak-anak sudah kedinginan meski belum terlalu lama. Disibelah kolam renang terdapat wahana sepeda air, tapi kami tidak sempat menikmatinya karena anak-anak belum ada yang berani menaikinya.

Puas berenang, kami sekeluarga menuju lokasi taman, di sebelah taman ada lokasi untuk out bond yang meliputi fliying fox dan wall climbing. Saat itu ada pelatihan dan out bond dari karyawan Honda sedang asyik fliying fox. Saya dan istri cukup sebagai penonton karena nyali yang masih kurang untuk ikut serta fliying fox. Disana juga terdapat lokasi camp ground bagi yang ingin bermalam menggunakan tenda/camping. Puas menikmati wahana out bond kami melanjutkan perjalanan melewati mini zoo dengan koleksi satwa yang cenderung jenis-jenis burung yang indah.

Perjalanan kami lanjutkan dengan naik kereta kelinci dengan biaya Rp. 5.000,- per orang. Rute kereta melewati hamparan kebun teh yang sangat luas dan sejuk dengan pemandangan gunung arjuna dari kejauhan. Dengan naik kereta kelinci kita akan tahu hampir seluruh wahana yang ada di kebun teh WAW. Puas rasanya bisa menikmati keindahan kebun teh tanpa harus berjalan kaki. Di dekat terminal kereta kelinci terdapat toko-toko yang menjual souvenir dan oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang.

Kami istirahat di taman bermain anak, sambil makan siang bersama keluarga. Anak-anak bermain di taman dengan gembira. Puas bermain di taman kami menuju lokasi wisata kuda, sepeda wisata, mobil bateray dan motor ATV. Rupanya antrian cukup panjang sehingga kami hanya sempat menikmati kegembiraan anak-anak naik mobil baterai dengan biaya Rp. 10.000,- per orang sampai puas.

Di WAW ada banyak bangunan yang disewakan untuk kegiatan pelatihan atau acara keluarga. Bagi yang ingin bermalam bersama keluarga ada banyak pilihan villa dengan biaya yang beragam. Lokasi parkir yang sangat luas, toilet yang cukup bersih dan mushola untuk beribadah juga ada di sana. Hampir semua lokasi free wifi sehingga kita tidak akan ketinggalan info meskipun berada di lokasi yang jauh dari perkotaan. Sungguh tempat wisata yang sudah dipersiapkan dengan segala fasilitas demi kenyamanan para pengunjung WAW.

Tepat pukul 12.00 WIB kami sekeluarga ke terminal angkutan SLKW menuju stasiun Lawang, karena jadwal kereta dari stasiun Lawang menuju Blitar pukul 13.26 WIB. Kereta tepat waktu, dan sampai di stasiun Blitar pukul 16.19 WIB. Alhamdulillah... perjalanan kami cukup lancar, anak-anak sangat senang serta ada sedikit pengetahuan tentang kebun dan pengolahan teh untuk menambah pengetahuan anak-anak, sekalian refreshing bersama keluarga. Benar-benar wisata yang mengasyikkan.... dan kami pantas bilang WAW untuk kebun teh Wonosari Malang.

Kebun teh WAW Malang
Wisata Agro Wonosari (WAW) Malang
Taman di lokasi WAW Malang
Menunggu angkot SLKW di depan stasiun Lawang menuju WAW Malang
Angkutan SLKW di terminal lokasi WAW Malang
Kolam renang anak di WAW Malang
Kolam renang dewasa di WAW Malang
Kereta Kelinci di WAW Malang
Villa mewah WAW Malang
Taman bermain anak di WAW Malang
Peta lokasi WAW Malang
Karcis masuk kolam renang dan tarif angkutan SLKW menuju WAW Malang
Zona permainan WAW Malang
Fasilitas di WAW Malang
Villa dan pabrik teh di WAW Malang
Lokasi parkir dan loket WAW Malang
Wahana out bond dan mini zoo di WAW Malang
Kolam renang dewasa dan anak di WAW Malang

Alhamdulillah... semoga pengalaman saya dan keluarga di WAW Malang bisa menambah pengetahuan anak-anak tentang kebun teh dan pengolahannya. Harapan kami pengalaman yang kami bagi bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Amin...






3 komentar:

  1. Terima kasih, infonya sangat lengkap dan sangat membantu, bahkan disertai foto bemo SLKW juga :D

    BalasHapus
  2. Wah infonya sngat membantu. Saya rencananya mau kesana juga. Makasi ya mba

    BalasHapus